Gumatika IPB

Press Release : Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi

Press Release : Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi

         Pada hari Kamis (15/12), telah dilakukan kegiatan pelatihan kepemimpinan dan manajemen organisasi. Pelatihan kepemimpinan ini ditujukan bagi seluruh pengurus Gumatika IPB 2016/2017. Kegiatan dimulai pukul 19.45 WIB dan bertempat di ruang Seminar Alpha Departemen Matematika. Kegiatan ini menghadirkan pembicara yang luar biasa, berpengalaman di bidang organisasi yaitu Kak Danang Setiawan Presiden Mahasiswa IPB 2015/2016.

         Sambutan yang penuh semangat oleh ketua Gumatika 2017, Aqil Anshari Asri sukses menularkan semangat kepada peserta yang hadir untuk mengawali pelatihan kepemimpinan dan manajemen organisasi oleh kak Danang. Setelah itu, masuk ke acara yang ditunggu-tunggu yaitu pemberian materi oleh kak Danang Setiawan selama kurang lebih 45 menit dan dilanjutkan dengan tanya jawab selama 30 menit.

Rangkuman dari isi materi yang disampaikan oleh kak Danang Setiawan yaitu:

  1. Karakter seorang pemimpin yaitu visioner (kejadian lalu dijadikan sebagai referensi dan berpikir visioner kedepan), berani mengambil risiko, inovatif, problem solver.
  2. Makna dari organisasi Himpunan Profesi adalah sebagai wadah dan sarana untuk pengurus dan anggotanya, tempat mengaplikasikan ilmu dan tukar pendapat.
  3. Fokus dari Himpunan Profesi adalah keilmuan, pengabdian dan prestasi.
  4. Himpunan Profesi bersifat profesional namun juga menjunjung kekeluargaan. Semua program kerja dengan professional dan menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan.
  5. Baik ketua ataupun staff harus fokus dengan target dan timeline serta pastikan jangan sampai komunikasi terhambat.
  6. Mengusahakan mengurangi kesalahan teknis dengan cara evaluasi dan tetap jaga kekompakan tim.
  7. Merencanakan organisasi dengan baik : diawali dengan niat, visi selama satu periode kepengurusan, misi untuk menguatkan visi, strategi untuk merealisasikannya (jangka panjang).
  8. Contoh masalah organisasi yang sering terjadi : individu, anggaran, kehadiran, program tidak sesuai SOP, komunikasi, optimalisasi kegiatan.
  9. Dan yang paling utama dari semua poin diatas adalah “CINTAI ORGANISASIMU”.

Sekitar 45 menit  penyampaian materi selesai dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta kepada kak Danang. Banyak peserta yang antusias ingin bertanya, namun karena dibatasi oleh waktu maka hanya 3 penanya berkesempatan untuk bertanya kepada kak Danang.  Setelah pertanyaan selesai dijawab oleh Kak Danang, acara dilanjutkan dengan pemberian bingkisan kepada kak Danang oleh ketua Gumatika dan foto bersama.

Acara selesai pukul 21.30 WIB dan berjalan dengan lancar. Harapannya pengurus Gumatika dapat mengambil makna dari materi yang disampaian oleh kak Danang Setiawan dan bisa memberikan manfaat untuk sekitar dan terutama Gumatika yang lebih baik.

 

                     

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *