Gumatika IPB

Press Release : Upgrading 1

Press Release : Upgrading 1

UPGRADING 1

6 Mei 2017

 

Departemen Math Event telah melaksanakan program kerja perdana mereka yaitu Upgrading #1 yang merupakan salah satu dari dua rangkaian kegiatan upgrading pengurus Gumatika FMIPA IPB. Pada periode sebelumnya, upgrading merupakan program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM), namun di kepengurusan baru ini menjadi salah satu program kerja dari Departemen Math Event. Upgrading #1 bertema outdoor cooking ini telah dilaksanakan pada Sabtu 6 Mei 2017 di Koridor Tanah, Faperta. Kegiatan upgrading ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan skill seluruh pengurus Gumatika FMIPA IPB dalam hal memasak, namun kekompakkan dan kerja sama tim juga sangat dibutuhkan.

Kegiatan upgrading ini memiliki konsep lomba memasak yang diikuti oleh 6 Departemen dan 1 Biro di Gumatika FMIPA IPB dan dihadiri oleh 57 pengurus. Makanan yang hendak dimasak setiap departemen pun ditentukan melalui mini games yaitu estafet yang dilakukan oleh 3 perwakilan tiap departemen dan estafet tersebut terdiri dari lomba memasukkan benang ke dalam jarum, memasukkan paku ke dalam botol dan menyusun puzzle yang sudah disediakan panitia. Urutan pemenang dari mini games ini merupakan urutan pengambilan resep masakan. Departemen yang dapat menyelesaikan estafet dan berhak mengambil resep masakan pertama kali adalah Departemen Informasi dan Komunikasi (Infokom) yang memilih tempe orek, dilanjutkan dengan Badan Pengurus Harian (BPH) yang memilih sosis mie, Departemen Keilmuan dan Keprofesian (Ilprof) memilih capcay, Biro Kewirausahaan memilih fuyunghai, Departemen Public Relation memilih sop tofu, Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) memilih martabak tahu dan terakhir ada Badan Pengawas Gumatika (BPG) yang mendapat resep Roti India. Acara memasak berlangsung selama 2 jam dan dilakukan 20 pergantian peserta setiap 1,5 menit untuk 30 menit pertama untuk mengantisipasi setiap peserta mendapat giliran memasak.

Pukul 11.30 semua departemen dan biro pun telah mengumpulkan makanan yang telah dimasak untuk dinilai oleh juri. Agenda dilanjutkan dengan ibadah sholat Dzuhur lalu penilaian masakan oleh juri dan makan bersama. Aspek yang dinilai adalah ketepatan pengumpulan alat dan bahan, ketepatan pengambilan alat dan bahan, ketaatan mengikuti aturan permainan, penyajian masakan, rasa, dan kebersihan stand. Agenda terakhir yaitu pengumuman pemenang Upgrading #1, pemenang merupakan tim yang mendapat akumulasi nilai tertinggi, dan pemenangnya adalah Departemen Informasi dan Komunikasi (Infokom) dan tempe oreknya dengan perolehan nilai 556,8. Selamat kepada Departemen Infokom! (yeay).

 

                            

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *