PRESS RELEASE: Upgrading 1

 

Upgrading 1

17 Maret 2018presrirlis upgrading

            Departemen Math Event  telah melaksanakan kerja perdana mereka yaitu Upgrading 1 yang merupakan salah satu dari dua rangkaian  upgrading pengurus Gumatika FMIPA IPB.  Upgrading 1 bertema outdoor cooking ini telah dilaksanakan pada Sabtu  17 Maret 2018 di Pojok FMIPA (POMI), FMIPA. Kegiatan upgrading ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan skill seluruh pengurus Gumatika FMIPA IPB dalam hal memasak, namun kekompakan dan kerja sama tim juga sangat dibutuhkan.

Kegiatan upgrading ini memiliki konsep lomba memasak yang diikuti oleh 6 kelompok yang terdiri dari Badan Pengawas Gumatika (BPG), Badan Pengurus Harian (BPH), Departemen Public Relation (PR), Departemen Keilmuan dan Keprofesian (Ilprof), Departemen Informasi dan Komunikasi (Infokom), Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM ), dan Biro Kewirausahaan Gumatika FMIPA IPB dan dihadiri oleh 64 pengurus. Makanan yang hendak dimasak setiap kelompok  pun ditentukan  melalui beberapa  mini  games. Pertama tebak gaya, tiap kelompok mengirimkan 2 orang sebagai perwakilan yang dimana satunya sebagai peraga dan yang lainnya sebagai penebak. Setelah menjawab 5 dari 10 kata dengan benar selanjutnya beralih ke games yang kedua, yaitu oper sarung. Games ini dimainkan oleh 4 orang dengan cara mengoper sarung dari orang pertama sampai orang terakhir dengan berpegangan tangan dan tidak boleh sampai lepas. Selanjutnya ke games yang terakhir, games ini yang akan menentukan resep masakan tiap departemen dan biro. Perwakilan 1 orang akan  melemparkan sepatu atau sandal mereka ke kotak yang disediakan. Kotak tersebut tertulis nama masakan yang harus mereka masak. Hasil mini games tersebut yaitu, Badan Pengurus Harian (BPH) mendapatkan resep bakwan, Badan Pengawas Gumatika (BPG) mendapatkan resep tumis tempe kacang panjang, Departemen Public Relation (PR) mendapatkan resep terong balado, Departemen Keilmuan dan Keprofesian (Ilprof) mendapatkan resep perkedel, Departemen Informasi dan Komunikasi (Infokom) mendapatkan resep sup makaroni, Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) mendapatkan resep klepon, dan Biro Kewirausahaan mendapatkan resep omelet tahu.

Acara memasak berlangsung sekitar 2 jam 15 menit dengan ketentuan 70 menit pertama yang memasak hanya 2 orang yang bergantian setiap 10 menit sekali dan sisa waktu yang tersedia digunakan untuk menyelesaikan masakan tersebut secara bersama-sama. Pukul 11.45 semua kelompok pun telah mengumpulkan makanan di ruang seminar alfa untuk dinilai oleh juri. Agenda dilanjutkan dengan ibadah sholat Dzuhur lalu penilaian masakan oleh juri dan makan bersama. Aspek yang dinilai adalah Rasa (30%), Kreatifitas (20%), Kebersihan (20%), kekompakan (20%) Ketepatan waktu pengumpulan bahan (5%), dan ketepatan pengumpulan masakan (5%). Agenda terakhir yaitu pengumuman pemenang Upgrading 1, pemenang merupakan tim yang mendapat akumulasi nilai tertinggi. Pemenangnya adalah Departemen Informasi dan Komunikasi (Infokom) dengan resep makasakan sup makaroni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *