GUGALTIKA merupakan himpunan alumni lulusan S-1 departemen Matematika FMIPA IPB. Kegiatan rutin yang dilakukan GUGALTIKA di antaranya adalah pemberian beasiswa, pemberian sumbangan dana untuk yang tertimpa musibah (kemalangan), pemberian buku, seminar dunia kerja dan temu alumni.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan layanan pendidikan dan kesesuaian antara kurikulum pendidikan serta kebutuhan tenaga kerja, dilakukan pula tracer study untuk mendapatkan masukan dari alumni departemen Matematika FMIPA IPB. Hal ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kepuasan alumni terhadap departemen Matematika yang mencakup proses pembelajaran serta sarana dan prasarana. Masukan ini akan dijadikan salah satu pertimbangan dalam meningkatkan kinerja departemen Matematika yang antara lain tercermin dari kualitas proses pembelajaran yang semakin baik dan lulusan yang berkualitas yang mampu bersaing dalam pasar tenaga kerja. Pengisian kuisioner dapat dilakukan secara online.

Tracer study dilaksanakan untuk mencari informasi dari atasan alumni mengenai tingkat kepuasan (evaluasi) terhadap alumni departemen Matematika yang meliputi pertanyaan tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan penilaian bagi pekerjaannya. Selanjutnya dipertanyakan pula mengenai kepuasan terhadap alumni dan kinerja alumni Dldepartemen Matematika jika dibandingkan dengan alumni dari perguruan tinggi lain. (https://www.gugaltika-ipb.org/tentang-gugaltika-ipb/)

Nah, untuk mengenal lebih dalam tentang apa itu GUGALTIKA dan bagaimana kabar para alumni Matematika IPB, tim Dynamath magz bertanya langsung ke ketua umum GUGALTIKA yaitu Kak Rhesa Yogaswara alumni Matematika IPB angkatan 37. Berikut hasilnya:

Saat ini apa aja sih kesibukan GUGALTIKA?

GUGALTIKA memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  1. Membangun jaringan alumni sebagai penunjang dunia kerja dan usaha
  2. Sebagai sarana untuk meningkatkan positif image departemen Matematika IPB

 

Kesibukan saat ini masih membangun infrastruktur dasar seperti:

  1. Merapikan dan menyempurnakan AD ART
  2. Mengumpulkan database alumni
  3. Melakukan kaderisasi keorganisasian di IPB karena mayoritas anak Matematika IPB tidak senang berorganisasi

 

Kalau saat ini GUGALTIKA masih membangun infrastruktur, berarti GUGALTIKA masih baru ya kak?

Ngga baru-baru banget sih. Gugaltika lahir tahun 2001, ketua pertamanya Kak Ahmed (Ahmad Hendra Marfiadi) angkatan 29, sekjennya Warsito. Namun yang berorganisasi di Matematika memang beda dengan jurusan lain ya jadi banyak tertidur. Dulu saya diangkat tahun 2010. Sudah lima tahun periode saya yang seharusnya sudah diganti 2013 yang lalu.

Oh begitu, jadi seharusnya periode keengurusannya selama tiga tahun ya kak? Lalu, apa kegiatan terakhir GUGALTIKA untuk para alumni?

Nah itu dia, belum ada rumusannya karena AD ART nya belum fix. Kegiatan terakhir sih Gugaltika sering buat acara dinner gathering di Jakarta.

Apa ada kegiatan lainnya?

Kegiatan lainnya adalah seperti bagaimana membangun dan membina adik-adik mahasiswa.

Contohnya seperti apa kak?

Seminar math challenge dan seminar dunia kerja. Seminar ini kerjasama dengan GUMATIKA kok.

Oh iya, IMC ya. Lalu bagaimana dengan alumninya, kebanyakan para alumni Matematika IPB bekerja di bidang apa saja sekarang kak?

Survey terakhir di tahun 2010 mayoritas guru, yang kedua banker, ketiga IT, keempat research industry, dst.

Terakhir, Kak Rhesa juga mengadakan acara gathering silaturahmi bersama para alumni dan beberapa mahasiswa Matematika IPB di Jakarta tanggal 5 Mei 2015. Acara tersebut berjalan lancar dan terselenggara dengan baik dan inilah hasilnya:

  1. Penambahan kas GUGALTIKA
  2. Meeting kecil program sosial GUGALTIKA akan dilakukan dalam waktu dekat.
  3. Reuni akbar akan dilakukan dibulan desember 2015. Dengan GUMATIKA sebagai pelaksana kegiatan.
  4. Pemilihan ketua GUGALTIKA 2016 – 2019 akan dilaksanakan desember 2015, dengan kandidat sbb:
    • Frederick Math41: Business Development MetroTV. Pelatih Sepak bola IPB yg berhasil membawa harum nama IPB ke kancah Asia Tenggara di kejuaraan di Malaysia.
    • Rudi Math46: Seorang analyst perusahaan konsultan people management. Ex Ketua Gumatika.
    • Hardono Math45: PNS konservasi dan litbang kehutanan Indonesia. Ex Ketua MPJ.
    • Abi Math48: aktuaris AIA Insurance. Ex Ketua Pelaksana IPB Mathematics Challenges yang juga merupakan ketua pelaksana pertama di GUMATIKA yg berhasil menggaet sponsor sangat besar seperti dari Manulife dan AIA.

Jadi, kita tidak perlu bingung bagaimana setelah lulus nanti karena kita punya GUGALTIKA yaitu organisasi yang membantu dan merangkul para alumni Matematika IPB. Beruntunglah kita sebagi Mahasiswa Matematika IPB, sob! Jadi pengen cepet lulus kan?